Selamat datang di blog Dunia Farmasi Informasi Dunia kesehatan, Tips Kesehatan dan Ilmu Dunia Farmasi - Kenali Obatnya, Obati Penyakitnya
Social Media

Selasa, 06 Mei 2014

Cara Mudah Menghentikan Kebiasaan Merokok

 
     Mengubah kebiasaan memang tidak mudah karena kebiasaan adalah proses yang terjadi di dalam pikiran bawah sadar. Apalagi bila kebiasaan tersebut sudah berlangsung puluhan tahun dan disekitar Anda banyak pendukungnya. Untuk berhenti merokok, tidak cukup dengan cara membulatkan tekad, melawan keinginan merokok, atau memaksa diri untuk berhenti merokok. Karena sifat dari kebiasaan dan kecanduan adalah: semakin dilawan, maka dia semakin kuat. 

   Namun sadarkah Anda bahwa rokok mampu memasukkan 4000 lebih zat kimia berbahaya kedalam paru-paru. Partikel zat tersebut memang sangatlah kecil namun partikel tersebut mampu memotong jutaan sel yang dihinggapi terutama didalam paru-paru manusia.

Berikut cara mudah menghentikan kebiasaan merokok:

Nikotin merupakan zat yang mampu masuk kedalam rangsangan otak sehingga timbul rasa kecanduan sehingga sugesti dalam otak mampu dikendalikan oleh rasa nyaman dari zat nikotin tersebut.
Untuk menghentikan kebiasaan merokok berarti harus membersihkan dulu zat nikotin yang ada dalam sel otak dan dalam paru-paru yaitu dengan cara:

1. Ubahlah gaya hidup Anda

   Lakukan pola hidup sehat, lakukan, lakukan dan lakukan. Tanamkan sugesti tersebut kedalam pikiran Anda, jangan mengkonsumsi makanan cepat saji, karena dapat memicu pikiran Anda untuk merokok. Sering-seringlah Makan buah seperti Semangka, Jeruk dan jus alpukat sebagai pengganti rokok setelah Anda makan.

2.  Beberapa Makanan sehat yang WAJIB Anda Konsumsi
    Membersihkan paru-paru dari zat nikotin tentu Anda juga harus menghindari pantangan yang dapat mengotori kembali paru-paru Anda. Bayangkan ketika Anda mengepel lantai kemudian banyak yang lewat-lewat sehingga lantai itu menjadi kotor kembali (pikirkan dan tanamkan dalam pikiran Anda). Jangan lupa konsumsi bawang putih dan bawang merah karena kedua jenis ini mengandung zat Antibakteri dan Antivirus, jadi zat ini sangat baik untuk digunakan membersihkan paru-paru Anda.

3.  Hindari zat-zat beracun
   Hindari menghirup zat-zat beracun lainnya agar paru-paru Anda cepat bersih. contohnya deterjen atau pemutih. Dengan menjauhi zat-zat yang dapat merusak paru-paru, Anda juga harus rajin mengkonsumsi buah  yang mengandung Antioksidan.

4.  Memperbanyak Konsumsi Produk Herbal
    Konsumsi produk-produk herbal dan alami, salah satu tanaman herbal terbaik adalah akar manis (Cinnamomum Herba). Tanaman ini harus dikonsumsi secara teratur dengan perawatan intensif.
  

Tidak ada komentar:

Terima Kasih telah berkunjung, Semoga selalu diberikan kesehatan oleh-Nya Aamiin
Designed By Muhammad Adnan Andriawan