Selamat datang di blog Dunia Farmasi Informasi Dunia kesehatan, Tips Kesehatan dan Ilmu Dunia Farmasi - Kenali Obatnya, Obati Penyakitnya
Social Media

Rabu, 31 Desember 2014

Contoh Laporan Puskesmas Maradekaya Makassar


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Pendidikan tenaga kesehatan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pembangunan yang dapat memberikan konstribusi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga mampu berperan secara optimal dalam pembangunan.
Hingga saat ini, di Indonesia banyak dibentuk sekolah kesehatan terutama dibidang farmasi yang diarahkan guna mendukung upaya pencapaian derajat kesehatan. Yang dimana pembangunan kesehatan ini menyangkut upaya Promotif (peningkatan kesehatan), Preventif, Kuratif (Pengobatan), Rehabilitasi (Pencegahan) yang harus dilakukan secara menyeluruh dan optimal.
Pendidikan kesehatan diselenggarakan untuk memperoleh tenaga kesehatan yang bermutu dan profesional didalam bidangnya masing-masing, yang dimana akan mewujudkan perubahan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat.
Oleh karena itu, tenaga kesehatan harus terampil dan terlatih. Untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang terampil maka proses belajar mengajar harus ditingkatkan terus menerus. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dapat memberikan pengalaman dan keterampilan kepada peserta PKL dan dapat membandingkan pengetahuan dengan lapangan.
Keterampilan yang dimaksud adalah pengenalan obat, penerapan, sikap yang baik dalam bekerja, menghadapi dan mencari alternative masalah. Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan sarana pengenalan lapangan kerja bagi peserta didik.
Berdasarkan hal tersebut diatas, maka pelaksanaan PKL siswa SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar Jurusan Farmasi dianggap perlu untuk menyusun buku panduan sebagai petunjuk bagi peserta, pembimbing dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PKL agar pelaksanaannya sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Departemen Kesehatan RI sebagai penjabaran dari kurikulum Sekolah Menengah Farmasi 2001.
B.   Tujuan Praktek Klinik
Praktek Klinik Farmasi bertujuan untuk :
1. Meningkatkan, memperluas, dan memantapkan keterampilan peserta didik sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan kebutuhan program pendidikan yang ditetapkan.
2.  Memperoleh masukan dan umpan balik, guna memperbaiki dan mengembangkan pendidikan dalam bidang kefarmasian serta memberikan kesempatan kepada tenaga kesehatan untuk mensosialisasikan diri pada lingkungan kerja sebenarnya dalam bidang kefarmasian.
3. Memberi kesempatan kerja yang nyata dan langsung secara terpadu dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan di bidang farmasi di puskesmas.
4. Memberikan Komunikasi, Informasi dan Edukasi kepada pasien dan tenaga kesehatan lainnya sehingga tercapai tujuan dari pengobatan yaitu peningkatan kualitas hidup pasien.
5. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memasyarakatkan diri pada suasana atau iklim lingkungan kerja yang sebenarnya.
6. Meningkatkan, memperluas, dan memantapkan proses penyerapan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah dan sebaliknya.
7. Memperoleh masukan dan umpan balik, guna memperbaiki dan mengembangkan serta meningkatkan penyelenggaraan pendidikan Sekolah Menengah Farmasi.
8. Memberikan kesempatan penempatan kerja kepada peserta didik.
Dari tujuan diatas diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik setelah melaksanakan PKL sebagai bekal dalam pengabdian diri di masyarakat.
C.   Tujuan Pembuatan Laporan
Pembuatan laporan peserta Praktek Klinik mempunyai tujuan antara lain :
1.Peserta Praktek Klinik akan mampu memahami, memantapkan, dan mengembangkan pelajaran yang telah diperoleh di sekolah dan diterapkan di lapangan kerja.
2.Peserta Praktek Klinik mampu mencari alternative pemecahan masalah yang ditemukan di lapangan kerja.
3.Mengumpulkan data guna kepentingan institusi pendidikan maupun peserta didik yang bersangkutan.
4.Menambah perbendaharaan perpustakaan sekolah untuk menunjang peningkatan pengetahuan peserta didik angkatan berikutnya.
5.Siswa-siswi dapat memahami cara pembuatan suatu laporan Praktek Kerja Lapangan.



Untuk lengkapnya silahkan download file berikut secara gratis. Isi laporan Puskesmas Maradekaya bisa saja berubah sesuai informasi terbaru dari Puskesmas Maradekaya Makassar. 
Klik link dibawah ini untuk mendownload file Laporan Puskesmas Maradekaya Makassar

DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Terima Kasih telah berkunjung, Semoga selalu diberikan kesehatan oleh-Nya Aamiin
Designed By Muhammad Adnan Andriawan